BERJUANG UNTUK SEHAT

assalamualaikum,disini saya menuliskan pengalaman pribadi,bukan pengalaman orang lain,bukan pengetahuan dari membaca sebuah artikel.
saya akan berbagi tip untuk pembaca semua,ketika bingung atau galau karena merasa dirinya kepunjulen daging alias gembrot dan susah untuk melangsingkannya lagi..

saya merasa kelebihan daging dan lemak alias gembrot dan buncit,susahnya orang gembrot itu banyak sekali..susah lari susah duduk susah mencari pakaian yang pas dan masish banyak lagi kesusahannya,masih di tambah dengan rawan terserang penyakit mematikan...memang umur hanya tuhan yang tau,tapi kita wajib untuk menjaga umur tubuh kita demi kesehatan dan hidup di dunia..

tidak perlu panjang lebar kayak penjual jamu di sini langsung saja saya kisahkan ketika saya mulai berpikir dan berjuang untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak dalam tubuh saya..

setahun lalu berat badan saya masih  90kg dengan tinggi badan saya 166cm.saya merasa gebuk dan berat untuk beraktifitas,saya mulai resah dan berusaha sebisa mungkin untuk mengurangi makan...seperti orang puasa..berusaha jogging dan meminum ramuan ramuan yang katanya herbal dan yang bukan herbal,tapi hasilnya sungguh di luar dugaan..saya malah mengalami lemas dalam beraktifitas saya loyo ,telmi alias telat mikir,perut sakit,mencret dan gangguan lainya..saya pernah mencoba cara yang disiarkan di tv.."berhenti makan sebelum kenyang" hasilnya NOL..saya pernah coba cara dedy corbuser,cendela makan seperti puasa ,hasilnya saya lemas dikarenakan apa..? karena saya langsung mencoba yang 24jam dan kurang disiplin menerapkan cara itu.selain itu aktifitas saya memerlukan tenaga serta pekerjaan kasar lainnya..dan untuk semua itu perlu tenaga,,dari mana tenaganya..? ya dari makan...makanya saya jadi blank..sepertinya semua cara seperti di acara tv sudah saya terapkan,tapi tidak ada hasil..badan saya masih kepunjulen daging..untuk semua usaha tadi saya lakukan selama 12 bulan....
mengapa semua usaha saya gagal..?  itu adalah faktor ketidak disiplinan dan niat saya yang kurang kuat,masih sering tergoda makanan berlemak tinggi..

suatu ketika saya duduk merenung sambil berpikir mengapa saya tidak coba berolah raga yang menguras tenaga yang sedikit saya sukai,setelah kepikiran olah raga ,di tempat duduk itu juga langsung saya coba yang ringan,saya angkat meja,,dan hari berikutnya saya mencoba untuk olah raga...
pertama yang saya pikirkan untuk olahraga adalah untuk mengecilkan atau menurunkan berat badan tidak ada kepikiran pembentukkan otot...

saya langsung daftar di salah satu tempat olahraga alias tempat ngegym di daerah denpasar dengan mencari tempat yang murah..saya berpikir " ngapain mencari tampat yang mahal kalau yang murah saja bisa berguna"..tapi saya menjalani ngegym masih malas malasan banyak alasan selama 4bulan,tapi niat untuk sehat mulai lebih kuat lagi..yang akhirnya demi perubahan,setiap hari saya luangkan waktu untuk ngegym 1 jam,seminggu saya istirahat ngegym cuman 1-2 kali,
awal awalnya juga jenuh karena belum ada hasil,tapi saya tidak menyerah,tidak ada kata menyerah bagi saya,setelah 5 bulan berolahraga,saya mulai merasakan hasilnya..saya merasa lebih segar,lebih ringan dan lebih enerjik,tapi saya masih takut untuk timbang berat badan saya...saya tidak mau menimbang berat badan...

di tempat olahraga juga sempat di tawarin obat atau suplemen atau semacamnya lah untuk cepat turun berat badan saya..tapi saya tolak,,saya masih trauma ama obat obat sebelumnya yang saya konsumsi...

hari terus berganti..tidak terasa saya olahraga di tempat gym itu sudah 12 bulan,saya merasakan ada yang lain dengan kondisi tubuh saya.saya merasa pakaian saya kendor semua,dan saya merasa ringan sekali dalam bergerak...
kemudian saya mencoba menimbang berat badan saya...dan saya merasa tidak percaya,karena berat badan saya sekarang cuman 77kg..sampai sampai saya pergi ke apotik cuman mau nimbang berat badan saya dengan timbangan digital...dan ternyata benar..cuman 77,5kg....

dari berat badan 90kg turun menjadi 77,5kg waktu aktif disiplin 6bulan...waktu kurang aktif 18bulan .siapapun orangnya pasti bangga dengan keberhasilannya dalam berjuang..menurunkan berat badan itu tidak ada yang instan...pembohongan publik jika bilang selama 7 hari berat badan anda bisa turun 5kg KECUALI SAKIT MENCRET DIARE MUNTAH.kalau itu 2 hari bisa turun berat badan 3kg.

kalau menurut Menghitung Berat Ideal (Kalkulator BMI) hasinya saya masih gemuk
tapi kalau saya menuruti penghitungan BMI ,saya merasa kurus....jadi saya merasa pas jika saya menurunkan berat badan lagi sekitar 2-3 kg saja...

sehat itu sebenarnya gampang dan tidak mahal..yang mahal itu jika kita sakit dan masuk rumah sakit..puluhan juta bisa amblas..apalagi rumah sakit itu gak ada yang murah...rumah sakit itu mahal mahal dan cuman untuk orang kaya..orang miskin dilarang sakit...
makanya mas bro mbak broo,juragan juragan...atur pola makanmu secepatnya..miliki badan yang ideal..karena kegemukan itu sarang penyakit.

disini intinya sebuah perjuangan itu adalah niat ketekunan dan disiplin..
saya berusaha menurunkan berat badan sudah mulai 2tahun lalu,dan yang benar benar tekun disiplin atur pola makan dan olah raga adalah 6bulan.
jadi jangan mudah kena rayuan tukang jual obat herbal ataupun bukan herbal yang ber koar koar minum jamunya 7 hari berat badan anda turun 5kg...BOHONG BESAR itu..tidak ada yang instan..semua itu perlu perjuangan..

INI FAKTOR FAKTOR KEBERHASILAN DALAM MENURUNKAN BERAT BADAN :
  • makan nasi sampai 6x sehari boleh asal cuman sekepal orang dewasa setiap kali makan
  • kurangi makanan berlemak tinggi
  • banyak makan sayur dan buah
  • atau ganti nasi dengan tahu tempe rebus
  • makan daging ayam dada direbus tanpa kulit
  • olahraga atau aktifitas apa saja yang bisa menguras keringat
  • kurangi minuman bersoda,makanan manis manis,minuman manis manis
  • hindari alkohol
  • banyak minum air putih
  • minum susu rendah lemak,susu kedelai
  • jus pisang ijo,jus kacang ijo

semua itu barhasil dan tidaknya tergantung dari niat anda..
mungkin ada teman teman lainnya yang berhasil dengan caranya sendiri,jangan tersingung dengan tulisan saya.

tulisan ini sesuai dengan pengalaman pribadi saya sendiri alan suryono

catatan di facebook alan suryono